info penting!!!

bagi anda yang ingin berpenghasilan dari blog anda, silahkan pasang iklan di blog anda.. klik disini untuk memulai atau klik disini terbukti

untuk melihat langkah-langkahnya silahkan klik disini

Senin, 31 Desember 2012

marga-marga keturunan raja silahi sabungan


  1. Sihaloho
  2. Situngkir / Sipangkar / Sipayung
  3. Rumasondi / Rumasingap / Silalahi-Sihaloho / Silalahi-Sinabutar / Silalahi-Sinagiro / Silalahi-Sinabang / Nadapdap / Silalahi-Sinurat / Nadapdap / Doloksaribu
  4. Sidabutar
  5. Sidabariba
  6. Sidebang
  7. Pintubatu / Sigiro
  8. Tambun / Tambunan
Selain itu, di Tanah Karo , beberapa keturunan dari marga diatas berafiliasi dengan marga Sembiring, yaitu Pandia, Sinupayung, Keloko, Sinupangkar, Sinulaki dan lainnya. Sedangkan di Sipirok , konon marga Daulay adalah keturunan marga Tambunan.
Meski demikian, saat ini diperantauan sangat jamak dijumpai yang memakai marga Silalahi meski berasal dari ke delapan (8) kelompok marga-marga diatas. Namun demikian , dalam partuturan ( hubungan status kekerabatan ) mereka akan saling memahami dan dapat memposisikan diri (parhundul).
PARTUTURAN
Secara umum, status hububungan kekerabatan dalam adat dan istiadat keturunan Raja Silahisabungan dipahami (otomatis) sesuai urutan asal marga keturunannnya.
Contohnya :
  1. Sihaloho, sebagai marga paling sulung, maka akan memanggil ADIK atau AMANGUDA kepada marga-marga lainnya. Sebaliknya, marga-marga lain akan memanggil ABANG atau AMANGTUA kepada Sihaloho.
  2. Situngkir / Sipangkar / Sipayung akan memanggil ADIK atau AMANGUDA kepada marga-marga sesusi urutan dibawahnya dan memnaggil ABANG atau AMANGTUA kepada marga Sihaloho.
  3. Dan seterusnya.
  4. Untuk panggilan kaum pria kepada kaum wanita, keturunan Raja Silahisabungan memanggil Iboto (Ito) atau Namboru untuk lebih hormat.
  5. Antara marga-marga keturunan Raja Silahisabungan keseluruhan tidak boleh (dilarang) untuk saling kawin-mengawini dan sampai saat ini ketentuan ini masih berlaku secara turun-temurun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tahukah anda

Tahukah Anda? "Lari & Jatuh Cinta sama-sama memiliki banyak efek positif, salah satunya dapat memperpanjang usia."

banner

banner

iklan

visit this

share

,